KNPI Bontang Menggelar RAKOR (Rapat Koordinasi) Pemuda 2024, Dihadiri oleh Berbagai Organisasi Kepemudaan dan Komunitas Pemuda Kota Bontang

  • Aug 08, 2024
  • Heru Aprilian Syafras

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kota Bontang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemuda 2024 yang diadakan di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dispoparekraf). Kegiatan ini diikuti berbagai Organisasi Kepemudaan dan Komunitas Pemuda Kota Bontang. Acara ini dibuka secara resmi oleh PJ Gubernur Kalimantan Timur, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur, Bapak Agus Hari Kesuma, SE.,MM.,M.Si. Acara ini turut dihadiri oleh Kementrian Hukum dan HAM yang diwakili oleh Ibu Ida Mahmida, SH., Kadispoparekraf Bontang oleh Ibu Rafidah SE., M.Si., Kabid Kepemudaan oleh Bapak Idhamsyah, S.Pi.,M.Pi., Kabid Pariwisata oleh Bapak H. Muhammad Ihsan, S.STP.,M.Si., Kabid Olahraga oleh Bapak Andi Parengrengi, S.Pd,., Ketua DPD KNPI Kota Bontang yakni Bapak M. Febri Kaharuddin Jafar, dan Ketua FKPB oleh Bapak Rezwan Ananda.

Rakor Pemuda 2024 yang berlangsung ini bertujuan untuk membangun  sinergitas, kolaborasi pemerintah dan pemuda dalam menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas 2045, membahas berbagai isu terkait pengembangan dan pemberdayaan pemuda di wilayah Kalimantan Timur. Acara ini juga menjadi platform untuk memperkuat koordinasi antara berbagai organisasi kepemudaan dan komunitas pemuda di tingkat regional.

Kepala Dispora Kaltim, Bapak Agus Hari Kesuma, SE.,MM.,M.Si., dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah dan organisasi kepemudaan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan yang melibatkan pemuda sebagai motor penggerak perubahan terlebih IKN sebagai Ibu Kota Indonesia berada di Provinsi Kalimantan Timur. "Kami berharap melalui Rakor ini, kita dapat merumuskan strategi yang efektif untuk memberdayakan pemuda dan memanfaatkan potensi mereka dalam pembangunan daerah," ungkap Bapak Agus Hari Kesuma, SE.,MM.,M.Si.

Selama rakor, berbagai topik dibahas, termasuk program-program inovatif untuk peningkatan keterampilan pemuda, peluang kewirausahaan, dan pengembangan kapasitas kepemimpinan. Organisasi Kepemudaan dan Komunitas Pemuda Kota Bontang aktif berpartisipasi dalam diskusi dan sesi tanya jawab, memberikan masukan, kritik serta mendengarkan berbagai ide dan solusi dari peserta lain.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bontang, Bapak M. Febri Kaharuddin Jafar, mengungkapkan, “Kami sangat bersyukur dapat hadir dalam Rakor ini. Ini adalah kesempatan berharga untuk bertukar pikiran dan mendapatkan wawasan baru yang akan sangat berguna bagi pengembangan program kepemudaan di Kota Bontang. Kami berharap hasil dari rakor ini dapat diimplementasikan dengan baik dan membawa dampak positif bagi seluruh pemuda di daerah kami. Dan berbagai permasalahan serta keluh kesah seluruh Organisasi Kepemudaan kota Bontang akan sepenuhnya ditampung untuk kemudian disampaikan kepada Pemerintah Kota Bontang”

Acara ini diharapkan dapat memperkuat jaringan antara pemuda dan pemerintah serta meningkatkan efektivitas program-program yang ada dalam mendukung perkembangan generasi muda di Kalimantan Timur. Rakor Pemuda 2024 diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju berbagai inisiatif yang lebih besar dalam memberdayakan pemuda di masa depan. Selain itu, kegiatan ini diharap mampu memberikan pandangan serta energi positif kepada pemuda kota Bontang dalam menghadapi tantangan Indonesia Emas 2045, mengingat Kaltim sebagai Ibukota Nusantara (IKN), maka peran pemuda harus ikut aktif, bukan hanya sebagai penonton.